Website Informasi Online |
- buku raksasa dengan berat 600 kilogram
- desain unik untuk menyimpan majalah
- fakta menarik di balik logo mobil di dunia
- bukti kejeniusan habibie
buku raksasa dengan berat 600 kilogram Posted: 20 Jan 2012 04:01 PM PST Dalam rangka untuk lebih mengenal orang Chelyabinsk (kota yang membawa mereka selalu tersenyum) dengan tragedi dan pahlawan Perang Dunia II, pemerintah daerah telah membuat Buku Pahlawan raksasa. buku raksasa 600 kilogram Panjangnya 6 meter, lebarnya 3 meter dan beratnya sekitar 600 kilogram, Kitab Pahlawan Chelyabinsk berisi foto orang-orang yang dibunuh di sana, selama Perang Dunia 2, dan cerita tentang bagaimana mereka berjuang untuk kebebasan Ratu Rusia. | ||||||||||||
desain unik untuk menyimpan majalah Posted: 20 Jan 2012 03:01 PM PST Magazine Coffe Table Meja ini dibuat dengan 14 celah di tengahnya agar dapat digantungi majalah. Dengan begini, selain hemat tempat, majalah juga rapi dan tidak tercecer. Wall Magazine Rack Selain rapi, rak majalah ini juga memberikan sentuhan tersendiri di tembok ruangan anda. Dog Shaped Magazine Holder Rak majalah unik karya desainer Meksiko, Nel Colectivo ini bakal menjadi pencerah di ruangan anda. Majalah atau koran dapat digulung dan ditaruh di mulutnya, sehingga terlihat seperti anjing yag membawakan koran untuk majikannya. Woof woof!! Magazine Stool Menurut ane ini paling bagus gan. Selain kapasitasnya yang cukup banyak, tempat majalah ini juga dapat digunakan sebagai kursi kecil. Tambahan corak dari sampul majalah membuat kursi ini semakin unik dan cocok di hampir semua ruangan. Desain Unik untuk Menyimpan Majalah Anda Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Tempat majalah ini sangat minim tempat dan elegan. Majalah yang digantung di chrome magazine holder ini sekilas terlihat seperti melayang. | ||||||||||||
fakta menarik di balik logo mobil di dunia Posted: 20 Jan 2012 04:01 AM PST ![]() Bentuk dan model mobil selalu berubah-ubah, tapi ada satu hal yang nyaris abadi, logo. Banyak orang menasbihkan diri sebagai pecinta mobil tertentu, namun hanya sedikit orang yang benar-benar peduli maksud dan sejarah dari logo mobil kesayangan. Logo tak hanya sekedar simbol identitas visual suatu produk otomotif. Tapi, logo punya fungsi penting -- memperkenalkan produk ke pasar dunia. Ada tiga tipe logo mobil yang kini dikenal, berbentu simbol, teks, maupun kombinasi antarkeduanya. Yang jelas, ada maksud tertentu atau kisah di balik sebuah logo yang bisa membuat penasaran. Ini cerita dan fakta menarik di balik logo mobil-mobil top dunia. Mercedes Benz Logo bintang segitiga Mercedes punya arti khusus -- dominasi perusahaan yang meliputi darat, laut, dan udara. Sedangkan nama Mercedes berasal dari seorang pengusaha Austria dan pecinta otomotif, Emil Jellinek. Dia memiliki seorang anak bernama Mercedes. Jellinek tak hanya menjual mobil Daimler-Motored-Gesellschaft (DMG) namun berpartisipasi dalam balap motor pertama di Jerman. Saat itu dia mengendarai kendaraan yang dibuat DMG di balik nama samarannya, Mercedes. Saat itu, Mercedes merujuk ke nama tim dan pengemudi. Namun, saat ini Mercedes adalah hasil merger dua perusahaan mobil, Daimler-Motored-Gesellschaft atau DMG, yang didirikan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, serta Benz & Cie, yang didirikan oleh Karl Benz. Logo saat ini, bintang dalam lingkaran, diperkenalkan untuk pertama kalinya di 1937. Audi Insinyur Jerman, August Hoch mendirikan perusahaan A. Horc & Cie pada 1899. Satu dekade kemudian, dia terpaksa hengkang dari perusahaan yang didirikannya. Tak patah arang, bersama patner bisnisnya, Franz Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru. Ketika mendiskusikan nama perusahaan barunya, putra Fikentscer yang sedang belajar Bahasa Latin di sudut ruangan menanyakan arti 'audiatur et altera pars' [bukankah ide bagus untuk menyebutnya Audi bukannya Horch?] Kata 'Horc' adalah singkatan dari kata 'mendengar' dalam Bahasa Jerman. Sementara Audi adalah kata latin yang juga berarti 'mendengar'. Kemudian, pada 1932, empat perusahaan yakni, Audi, Hoch, DKW, dan Wanderer merger menjadi satu perusahaan, Auto Union. Kemudian dipilihlah logo berupa empat cincin yang bertautan, simbol penyatuan empat perusahaan yang jadi kebanggaan sekaligus rahmat bagi mereka hingga saat ini. BMW Logo lain yang menarik perhatian adalah BMW. Berwujud lingkaran terbagi empat dengan dua warna, putih dan biru langit berselang-seling. Itu melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru. Simbol itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok utama mesin pesawat terbang, misalnya 'Red Baron' untuk pemerintah Jerman selama Perang Dunia I. Pada 1918, ketika perang dunia berakhir, pemerintah Jerman menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW. Kondisi tak punya pilihan saat itu, justru membuat BMW berkreasi. Arah bisnis berubah. Perusahaan tersebut mulai dengan membuat rem kereta api, lalu sepeda bermotor, sepeda motor, dan lalu mobil -- yang mendunia. Chevrolet Ada dua kisah mengenai logo Chevrolet, 'bowtie'. Yang pertama, pendiri perusahaan, William C Durant terinspirasi kertas pelapis dinding di sebuah hotel di Perancis. Dia merobeknya untuk dijadikan logo. Versi cerita berbeda datang dari istrinya. Dikatakan, inspirasi emblem bowtie datang dari sebuah surat kabar Virginia -- ketika mereka berlibur di daerah Hot Springs, Virginia, sekitar tahun 1912. Ferrari Simbol 'Cavallino Rampante' alias kuda jingkrak Ferrari ternyata punya cerita menarik. Simbol itu aslinya adalah emblem para penerbang Italia dalam Perang Dunia Kedua. Simbol itu dipakai juga Franceco Baracca -- penerbang Italia yang gugur dalam perang. Ketika Enzo Ferrari memulai perusahaan mobil miliknya, dia menggunakan logo tersebut di mobil balap Alfa Romeo, atas dorongan orang tua Baracca. Kemudian, 'kuda jingkrak' tak hanya dipasang di mobil Ferrari. Popularitasnya melebihi yang diperkirakan. Kini, logo Ferrari bisa ditemukan di sepeda, kaos, dan apapun yang bisa dibayangkan. Ford Logo mobil asal Amerika Serikat ini sederhana, dengan huruf 'Ford' yang ditonjolkan. Logo ini telah digunakan lebih dari 50 tahun. Bentuk huruf ini diperkenalkan Harold Wills -- rekan dekat Henry Ford. Ketika remaja, Wills mencari uang dengan membuat kartu nama. Ketika rekannya, Henry Ford mencari logo untuk perusahaannya, Wills menyodorkan set cetakan tuanya dan model huruf yang digunakan di masa remajanya untuk mencetak kartu nama. Pada 1912, lingkaran oval ditambahkan dalam logo Ford. Pada 1927, logo juga mengalami perkembangan, warnanya menjadi biru. Logo terakhir -- oval biru ini dirilis 2003 untuk menghormati 100 tahun Ford Motor Company. Lamborghini Beberapa logo mobil mencerminkan selera sang pemilik. Salah satunya logo 'banteng mengamuk' di Lamborghini. Pendiri perusahaan, Ferrucio Lamborghini adalah penggila matador, sampai-sampai memilihnya sebagai logo perusahaan mobilnya. Banyak mobil Lamborghini yang diberi nama banteng yang telah mendapatkan penghargaan dalam event-event dunia. Renault Perusahaan Renault didirikan oleh Louis Renault ketika baru berusia 21 tahun. Logo pertama perusahaan adalah tiga huruf depan Renault bersaudara, Louis, Ferdinand, dan Marcel. Perusahaan ini juga punya logo khusus untuk tank militer -- setelah tank ringan produksi perusahaan Renault, FT-17 digemari selama Perang Dunia I. Logo bentuk berlian diperkenalkan pada tahun 1925 dan didesain ulang pada tahun 1972 oleh desainer terkenal Victor Vasarely. Logo yang berlaku saat ini, berlian dikelilingi persegi kuning adalah simbol kualitas. Volkswagen Sederhana tapi mengena, itu yang menggambarkan logo mobil Volkswagen. Logo VW adalah adalah satu logo mobil yang paling sederhana dan cepat dikenal di dunia. Logo berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang lingkaran warna biru. Volkswagen dalam Bahasa Jerman berarti 'mobil rakyat'. Logo ini diperoleh dari hasil kompetisi yang dimenangkan Franz Reimspiess. Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik -- dimulai pada 1930-an, era Nazi Jerman. Adalah ide Hitler untuk memulai produksi mobil dengan harga terjangkau untuk masyarakat. Hitler dan Gercinand Porsche mengeluarkan ide mobil kumbang Volkswagen yang bisa membawa dua orang dewasa dan tiga anak kecil. Namun, pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak memproduksi kendaraan militer ketimbang mobil untuk rakyat -- membuka kedok di balik maksud Hitler sebenarnya. Volvo Volvo berarti 'saya berputar' dalam bahasa latin. Kata Volvo berasal dari kata latin 'volvere' yang berarti berputar. Logo Volvo adalah simbol kuno untuk besi -- yakni lingkaran dengan anak panah menunjuk ke atas secara diagonal ke kanan. Simbol ini juga merepresentasikan 'Mars' dewa perang. Mobil Volvo juga secara tradisional dikenal untuk fitur keselamatan. Simbol kuno besi digunakan untuk juga mencerminkan tradisi kuat industri besi Swedia. Logo Volvo terpasang di atas latar belakang biru. Pasca kekalahan Jerman dalam perang, Inggris mengambil alih pabrik Volkswagen dan mencoba menjualnya. Awalnya, orang-orang menolak desain kumbang VW, yang dianggap inferior. Namun, VW berhasil membuktikan dirinya, Volkswagen Beetle menjadi salah satu mobil terlaris di dunia. Hyundai Perusahaan mobil Korea Selatan ini memiliki slogan 'Drive your way' ini memiliki logo huruf 'H' dikelilingi bentuk oval -- menggambarkan keinginan kuat perusahaan untuk mendunia. Huruf H yang miring dan bergaya, juga menggambarkan simbol dua orang -- representasi perusahaan dan pelanggan -- sedang berjabat tangan. Toyota Dari kejauhan, logo Toyota mirip huruf 'T' yang berarti 'Toyota'. Namun, jika diamati lebih dekat, logo mobil Jepang itu terdiri dari tiga bentuk oval. Dua oval yang saling bertautan menyerupai huruf 'T' merepresentasikan hubungan saling menguntungkan dan saling mempercayai antara pelanggan dan Toyota. Latar belakang oval yang lebih besar menggambarkan perkembangan kemajuan teknologi dan kesempatan tak terbatas bagi perusahaan untuk terus maju. | ||||||||||||
Posted: 20 Jan 2012 03:01 AM PST Bukti 1 : Penemu Teori Habibie Pemakai dan produsen pesawat terbang sama-sama tidak tahu persis, sejauh mana bodi pesawat terbang masih andal dioperasikan. Akibatnya memang bisa fatal. Pada awal 1960-an, musibah pesawat terbang masih sering terjadi karena kerusakan konstruksi yang tak terdeteksi. Kelelahan (fatique) pada bodi masih sulit dideteksi dengan keterbatasan perkakas. Belum ada pemindai dengan sensor laser yang didukung unit pengolah data komputer, untuk mengatasi persoalan rawan ini.Titik rawan kelelahan ini biasanya pada sambungan antara sayap dan badan pesawat terbang atau antara sayap dan dudukan mesin. Elemen inilah yang mengalami guncangan keras dan terus-menerus, baik ketika tubuhnya lepas landas maupun mendarat. Ketika lepas landas, sambungannya menerima tekanan udara (uplift)yang besar. Ketika menyentuh landasan, bagian ini pula yang menanggung empasan tubuh pesawat. Kelelahan logam pun terjadi, dan itu awal dari keretakan (krack).Titik rambat, yang kadang mulai dari ukuran 0,005 milimeter itu terus merambat. Semakin hari kian memanjang dan bercabang-cabang. Kalau tidak terdeteksi, taruhannya mahal, karena sayapbisa sontak patah saat pesawat tinggal landas. Dunia penerbangan tentu amat peduli, apalagi saat itu pula mesin-mesin pesawat mulai bergantidari propeller ke jet. Potensi fatique makin besar.Habibie-lah yang kemudian menemukan bagaimana rambatan titik krack itu bekerja. Perhitungannya sungguh rinci, sampai pada hitungan atomnya. Oleh dunia penerbangan, teori Habibie ini lantas dinamakan krack progression.Dari sinilah Habibie mendapat julukan sebagai Mr. krack. Tentunya teori ini membuat pesawat lebih aman. Tidak saja bisa menghindari risiko pesawat jatuh, tetapi juga membuat pemeliharaannya lebih mudah dan murah. Bukti 2 : Penemu Faktor Habibie Sebelum titik krack bisa dideteksi secara dini, para insinyur mengantispasi kemungkinan muncul keretakan konstruksi dengan cara meninggikan faktor keselamatannya (SF). Caranya, meningkatkan kekuatan bahan konstruksi jauh di atas angka kebutuhan teoritisnya. Akibatnya, material yang diperlukan lebih berat. Untuk pesawat terbang, material aluminium dikombinasikan dengan baja. Namun setelah titik krack bisa dihitung maka derajat SF bisa diturunkan. Misalnya dengan memilih campuran material sayap dan badan pesawat yang lebih ringan. Porsi baja dikurangi, aluminium makin dominan dalam bodi pesawat terbang. Dalam dunia penerbangan, terobosan ini tersohor dengan sebutan Faktor Habibie.Faktor Habibie bisa meringankan operating empty weight (bobot pesawat tanpa berat penumpang dan bahan bakar) hingga 10% dari bobot sebelumnya. Bahkan angka penurunan ini bisa mencapai 25% setelah Habibie menyusupkan material komposit ke dalam tubuh pesawat. Namun pengurangan berat ini tak membuat maksimum take off weight-nya (total bobot pesawat ditambah penumpang dan bahan bakar) ikut merosot. Dengan begitu, secara umum daya angkut pesawat meningkat dan daya jelajahnya makin jauh. Sehingga secara ekonomi, kinerja pesawatbisa ditingkatkan. Faktor Habibie ternyata juga berperan dalam pengembangan teknologi penggabungan bagian per bagian kerangka pesawat. Sehingga sambungan badan pesawatyang silinder dengan sisi sayap yang oval mampu menahan tekanan udara saat tubuh pesawat lepas landas. Begitu juga pada sambungan badan pesawat dengan landing gear jauh lebih kokoh, sehingga mampu menahan beban saat pesawat mendarat. Faktor mesin jetyang menjadi penambah potensi fatique menjadi turun. Bukti 3 : suma cum laude gan ! Gelar doctor ingenieur-nya disabet dengan predikat suma cum laude pada 1965. Rata-rata nilai mata kuliahnya 10. Presatsi ini membuatnya dipercaya jadi Kepala Departemen Riset dan Pengembangan Analisis Struktur di Hamburger Flugzeugbau (HFB). Tugas utamanya adalah memecahkan persoalan kestabilan konstruksi bagian belakang pesawat Fokker 28. Luar biasa, hanya dalam kurun waktu enam bulan, masalah itu terpecahkan oleh Habibie. Bukti 4 : Bikin Pesawat Gan ! Ia meraih kepercayaan lebih bergengsi, yakni mendesain utuh sebuah pesawat baru. Satu diantara buah karyanya adalah prototipe DO-31, pesawat baling-baling tetap pertamayang mampu tinggal landas dan mendarat secara vertikal, yang dikembangkan HFB bersama industri Donier. Rancangan ini lalu dibeli oleh Badan Penerbangan dan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA).Hasil lainnyaantara lain pesawat terbang pertama buatan Indonesia CN-235 dan N-250.Pesawat Airbus A-300 yang diproduksi konsorsium Eropa (European Aeronautic Defence and Space) tak lepas dari sentuhan Habibie. Maklumlah dalam konsorsium ini tergabung Daimler, produsen Mercedes-Benz yang mengakuisisi MBB. Bukti 5 : Jabatan di MBB Tahun 1969 Habibie dilirik oleh Messerschmitt Boelkow Blohm Gmbh (MBB), industri pesawat terbesar yang bermarkas di Hamburg. Jabatan Vice President/Direktur Teknologi MBB disabetnya tahun 1974. Hanya Habibie-lah, orang diluar kebangsaan Jermanyang mampu menduduki posisi kedua tertinggi itu. Bukti 6 : Penghargaan Sedangkan dalam bentuk penghargaan, Habibie menerima Award von Karman (1992) yang di bidang kedirgantaraan boleh dibilang gengsinya hampir setara dengan Hadiah Nobel. Dan dua tahun kemudian menerima penghargaanyang tak kalah bergengsi, yakni Edward Warner Award. Beliau juga mendapat gelar Doktor Kehormatan (Doctor of Honoris Causa) dari berbagai Universitas terkemuka dunia, antara lain Cranfield Institute of Technology dan Chungbuk University. penghargaan: Bukti 7 : Jadi Presiden RI ke - 3 ! Ini mungkin puncak karier beliau.... Masa jabatannya sebagai presiden hanya bertahan selama 512 hari. Meski sangat singkat, kepemimpinan Presiden Habibie mampu membawa bangsa Indonesiadari jurang kehancuran akibat krisis. Presiden Habibie berhasil memimpin negara keluar dari dalam keadaan ultra-krisis, melaksanakan transisi dari negara otorian menjadi demokrasi. Sukses melaksanakan pemilu 1999 dengan multi parti (48 partai), sukses membawa perubahan signifikan pada stabilitas, demokratisasi dan reformasi di Indonesia. |
You are subscribed to email updates from Information Online To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 20 West Kinzie, Chicago IL USA 60610 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar